Senin, 10 Januari 2011

Hoax Wiki Berita Palsu 2011

gambar hoax
Barangkali kita semua pernah menerima dan membaca beberapa email hoax yang menyarankan bahkan 'memaksa' untuk mengklik tombol forward email ke sebanyak orang, ke teman kantor atau teman facebook kita jika ingin mendapatkan imbalan hadiah atau uang. Seringkali juga disertai ada ancaman jika kita menghapus pesan tersebut maka akan terkena kutukan atau bernasib sial. Jika anda menerima pesan seperti itu, segera hapus. Teman-teman kita pasti akan berterima kasih. Memang kebanyakan orang yang mem-forward hoax mempunyai maksud baik, tapi meneruskan ancaman virus dan berita palsu yang belum jelas asal usul malah bisa bahaya dan meresahkan.

Mungkin anda sudah pernah dengar, hoax wiki sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap, dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu ;D

Sudah saat kita luangkan waktu sejenak untuk mengecek hoax terbaru 2011, barangkali tidak ada yang baru cuman mengalami proses daur ulang menjadi pesan palsu [Hoax] paling populer di internet yang tidak akan pernah ada matinya dan apakah kita sudah siap siaga untuk menghadapinya.


1.Situs untuk mengecek Hoax
Lakukan pencarian terlebih dahulu di internet. Tentu saja kita perlu Googling dan kata kunci, kemungkinan kita juga akan mendapati situs web membahas kejadian yang sama. Berikut website sebagai referensi untuk mengecek hoax lebih lanjut:

http://urbanlegends.about.com
http://www.snopes.com
http://vmyths.com
http://hoaxbusters.org
http://www.scambusters.org
http://virusbusters.itcs.umich.edu/hoaxes.html
http://www.breakthechain.org
http://www.hoax-slayer.com
http://www.sophos.com/security/hoaxes/
http://www.truthorfiction.com

2.Jangan mudah percaya!
  • Surat berantai biasanya tidak menyertakan informasi lengkap tentang pengirimnya, namun jika masih meragukan  keasliannya silahkan tanyakan langsung darimana si pengirim mendapakan info tersebut.
  • Skema metoda cepat kaya yang tidak sepadan dengan waktu dan usaha.
  • Membuka email yang memiliki attachement dari orang tidak dikenal, contoh kasus dimana terdapat email yang memperingatkan bahaya virus, namun secara diam-diam virus tersebut menginfeksi komputer sementara yang bersangkutan sibuk membaca dan mem-forward email.
  • Memberikan info kartu kredit pada situs web palsu, merespon email yang meminta untuk memperbarui info kartu kredit atau meminta pergi ke situs web tertentu untuk update ulang informasi pribadi kita.  

Dengan adanya internet, yang dulunya surat kaleng atau surat berantai via pos tradisional telah berubah menjadi surat berantai [Hoax - Pemberitaan Palsu] dan spam [junk email] yang kemudian menyebar di internet memenuhi mail server di seluruh dunia. So tetap waspada dan buka mata, What is the Perfume Hoax. :)

1 komentar:

Amazon.com: Bestsellers in Electronics; Computers ; Tablets

mauyanggratis.com

Main Gitar Elektrik