Rabu, 15 September 2010

Blogging Selayang Pandang

blogging tips
Blog adalah jurnal situs berbasis web di mana orang dapat mempublikasikan ide dan pikiran secara online. Setiap orang yang mempublikasikan pemikirannya mempunyai alasan yang berbeda-beda,tetapi bertujuan untuk berbagi informasi. maka siapapun yang ingin berbagi dan memberikan informasi dapat memulai dengan membuat sebuah blog. Untuk memahami blog kita perlu tahu sejak dini istilah blog, platform blog, nama domain dan web hosting dahulu.

  • Definisi Blog
Blog adalah singkatan dari weblog, yang secara sederhana berarti serangkaian posting online disajikan secara terbalik urutan kronologis. Konten umum berisi blog teks,tetapi ada juga blog foto dan video blog. Cara revolusioner yang dapat internet lakukan memungkinkan Anda menyimpan buku harian pribadi yang dapat dilihat dan dikomentari oleh orang banyak. Kegiatan mempertahankan dan menambahkan konten ke blog yang sudah ada disebut blogging. Konten individu di blog disebut posting blog atau entri. Dan orang yang posting entri disebut blogger.

  • Platform Blog
Ada enam layanan platform blog populer yang bisa digunakan untuk keperluan blogging,
1.Blogger
2.Typepad
3.Blogware
4.Movable Type
5.Expression Engine
6.Wordpress

Saya tidak akan menjelaskan kelebihan atau kekurangan dari masing-masing platform blog diatas dan saya tidak merekomendasikan model blog apa yang paling tepat untuk Anda. Silahkan kalau Anda mau mengenal lebih jauh masing-masing platform blog di atas dengan googling. hehehe

  • Nama Domain
Menurut wikipedia nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Nah, jika anda belum punya blog silahkan memilih dan mempersiapkan nama domain yang tepat untuk membangun blog pertama anda. Top Level Domain (TLD) yang populer biasanya berakhir dengan 'dot com'. Seandainya belum siap membeli nama domain,kita masih bisa ngeblog dengan menggunakan platform blog yang gratis misalnya milik Blogger dot com

  • Web Hosting
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Webhosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Di internet,banyak perusahaan internasional atau dalam negeri sendiri yang bisa memberikan layanan hosting pada Anda. Jika anda ingin mencoba silahkan googling, misalnya dengan mengetik kata kunci layanan hosting indonesia atau sejenisnya. Tentu,semua memiliki tarif berbeda-beda sesuai isi layanan yang diberikan.

Kata terakhir,perencanaan dan persiapan yang baik sebagai langkah awal merancang blog dan mengoptimasinya adalah sangat penting. Pikirkan dengan matang sebelum Anda memulai blogging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Amazon.com: Bestsellers in Electronics; Computers ; Tablets

mauyanggratis.com

Main Gitar Elektrik