Kamis, 07 Oktober 2010

BlogWalking here dalam era Informasi

Dalam dunia bisnis yang bersaing ketat dan penuh ketidak pastian ini,informasi adalah juga sumber daya, seperti tanah,tenaga kerja,dan modal. Informasi bukan lagi barang bebas. Ia harus dipancing, dijaring, diproses, disimpan, diloading kembali, dimanipulasi, dianalisa dan didistribusikan untuk berbagai kepentingan. Konon abad ini sebagai peradaban gelombang informasi. Mereka yang mahir berselancar sajalah yang akan memiliki keunggulan posisi dalam persaingan.

Kilas balik dulu waktu ikut mata kuliah Management Informasi System. Informasi adalah data sudah terolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya, dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau di masa datang. Nilai informasi berhubungan dengan pengambilan keputusan artinya, bila tidak ada pilihan atau keputusan, informasi menjadi tidak diperlukan. Menurut pakar Gordon B Davis, informasi dalam lingkup sistem informasi memiliki beberapa ciri:
> ciri pertama, yang berkaitan dengan realitas
> ciri kedua, adalah kesegaran informasi
> ketiga, kemampuan memberi tambahan info baru pada informasi yang sudah ada
> keempat, kapasitas korektif sebuah informasi
> kelima, kemampuan mempertegas informasi yang sudah ada.
Singkatnya, dalam dunia yang serba tidak menentu, informasi mengurangi ketidak pastian. Ia mengubah kemungkinan hasil yang diharapkan, dan karena itu mempunyai nilai dalam proses pengambilan keputusan.  

Era gelombang informasi ditandai dengan kehadiran berbagai perangkat sarana komunikasi canggih, seperti blog, situs jejaring sosial atau social media site, social bookmark dan lain-lainnya. Setiap orang sekarang berusaha mengumpulkan dan mendistribusikan informasi sebanyak mungkin. Konon bisa terjadi meskipun tidak etis dengan mencuri atau menjual informasi, namun sebuah informasi hanya bernilai bila ia mampu menyulut perubahan.

Lalu apa yang harus dilakukan dalam era informasi ini? Rajin-rajinlah baca, blogwalking, kunjungi situs berita dan jangan lupa nguping sana sini di forum komunitas, siapa tahu besok lusa ada info bisnis online di internet dengan sistem bisa profit hari ini juga, yang bakalan booming. Siapa tahu ^ ^,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Amazon.com: Bestsellers in Electronics; Computers ; Tablets

mauyanggratis.com

Main Gitar Elektrik